Book Reviewer

Review Buku: One of Us is Lying (Satu Pembohong)


Judul Buku : One of Us is Lying (Satu Pembohong)

Penulis : Karen M. McManus


Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Tebal : 408 halaman



ISBN : 9786020376172

Tahun : Cetakan pertama tahun 2017


Blurb
Senin sore, lima murid memasuki ruang detensi.
Bronwyn, si genius, nilai akademis sempurna dan tidak pernah melanggar peraturan.Addy, si cewek populer, gambaran sempurna pemenang kontes kecantikan.Nate, si bandel, dalam masa percobaan karena transaksi narkoba. Cooper, si atlet, pelempar bola andalan tim bisbol dan pangeran di hati semua orang.Dan Simon, si orang buangan, pencipta applikasi gosip terdepan mengenai kehidupan Bayview High.
Namun sebelum detensi berakhir, Simon tewas. Menurut para penyidik, kematiannya disengaja. Apalagi kemudian ditemukan draft artikel gosip terbaru untuk ditayangkan pada Selasa, sehari setelah kematian Simon. Gosip heboh tentang empat orang yang berada dalam ruangan detensi bersamanya.Mereka berempat dicurigai, dan semuanya punya rahasia terpendam. Salah satu di antara mereka pasti ada yang berbohong.





Sinopsis

Simon si penyebar gosip di sekolah melalui aplikasi buatannya sendiri. Simon bersama empat teman sekolahnya yang lain kedapatan membawa handphone ke dalam kelas Mr. Avery, sehingga mereka harus mengikuti detensi pada Senin sore. Dalam proses detensi, Simon dan teman lainnya mengikuti instruksi hukuman oleh Mr. Avery, sedangkan gurunya tersebut meninggalkan mereka untuk mengecek mobil yang mengalami kecelakaan yang barusan terjadi.

Simon mengalami kejang sesaat setelah meminum air ketika kehausan di saat detensi. Simon akhirnya meninggal karena ternyata keempat temannya tidak berhasil menyelamatkannya. Keempat temannya bingung, apakah ada yang berbohong dan terlibat dalam kasus ini?

Penyelidikan dilakukan oleh polisi setempat, bukti demi bukti didapatkan dan kebanyakan bukti berasal dari aplikasi yang dibuat Simon. Keempat tersangka menolak bukti tersebut mengarahkan mereka untuk bertindak membunuh Simon. Rahasia keempat terangka makin jelas dan mereka menyewa pengacara terkenal untuk membantunya dalam kasus ini.

Selama pencarian bukti, keempat tersangka tersebut saling membantu untuk mencari kebenaran yang sesungguhnya terjadi dan motif dari kasus ini. Satu hari keempat tersangka melakukan pertemuan untuk merunut dan memetakan bukti yang didapat dan memulai penyelidikan sendiri, tetapi keesokan harinya, salah satu dari mereka ditangkap polisi dengan asumsi dan bukti yang disebut kuat oleh polisi. Apakah benar dia bersalah? lalu apa motifnya?

Review

Sebenarnya ini adalah novel thriller, misteri dan suspense dicampur romance, tetapi kayaknya menurut saya kurang greget dalam menampilkan salah satu genre yang harusnya lebih dominan. Penjabaran bukti dalam novelnya kurang komprehensif dan penyelesaian kasusnya kurang greget. Entah saya merasa kurang tercengang dengan penyelesaian kasusnya, karena jujur saya sudah menebak akhirnya pada bagian tengah novel namun masih ragu karena alasan penjabaran bukti tadi yang kurang komprehensif.

Salah satu yang saya sukai dari karya debut McManus ini adalah cara penulisannya yang khas kisah misterinya sangat keren. Hal lain yang saya senangi adalah topik yang diangkat sangat dekat dengan kehidupan remaja, tapi remaja barat yaa.. bukan remaja di Indonesia, karena di dalamnya ada beberapa konten yang tidak lazim di Indonesia.

Dalam novel ini akan ada konten LGBT, jadi yang sensitif dengan konten LGBT saya sarankan tidak membacanya. Stereotipe kehidupan remaja juga digambarkan oleh McManus di dalamnya, tentang pergaulan bebas, penggunaan obat-obatan terlarang, depresi dan pesta-pesta ala remaja akan didapatkan di dalamnya.

Saya rekomendasikan ini untuk para remaja yang mau baca buku misteri, thriller, dan suspense, tetapi gak perlu mikir keras. Saya hanya bisa berikan rating sedang untuk novel ini.

💙💙💙❤❤

Saran dan komentar kalian sangat saya harapkan untuk diskusi ðŸ˜Š

0 Comments:

Posting Komentar

Popular Posts

Goodreads

my read shelf:
Alif Syahrul Wahyudi's book recommendations, liked quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Alif has read 0 books toward his goal of 20 books.
hide

Total Tayangan Halaman

Copyright © Alif Syahrul Wahyudi | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates