Book Reviewer

[Q & A] Seputar Jurusan Psikologi

Question and Answer: Seputar Jurusan Psikologi


Hello visitor, ini artikel saya yang pertama di page psikologi, dan saya mungkin akan membahas hal yang mainstream yaitu mengenai pertanyaan yang sering muncul di kepala anak SMA ketika penentuan jurusan dan memasukkan psikologi dalam salah satu pilihannya. Sebenarnya sudah banyak yang menulis artikel tentang ini, tapi saya akan merangkumnya dalam sesi Q&A ini. Adapun beberapa pertanyaan yang dibawah saya sudah terima dari banyak orang yang tahu kalau saya mahasiswa psikologi. Check this out!!

Q: Apa sih sebenarnya psikologi itu?
A: Sebenarnya psikologi itu adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia. Ya, itu dasarnya, namun pasti ada dong yang membedakan dengan jurusan biologi, kedokteran, sosiologi dan jurusan tentang manusia yang lainnya. Tentu saja, karena psikologi itu berasal dari bahasa Inggris psychology yang juga diambil dari bahasa Yunani psyche (jiwa) dan logos (ilmu). So, Psikologi itu ilmu tentang jiwa. Nah, trus kenapa hanya manusia yang dibahas kan semua makhluk hidup punya jiwa? Tepat sekali, hewan juga punya jiwa, namun di psikologi menganggap urgensi memahami jiwa manusia lebih penting dibandingkan jiwa hewan, meskipun di luar negeri sudah banyak peneliti yang meneliti seputar psikologi hewan, kalau di Indonesia setahu saya belum ada.

Trus apa kesimpulannya?

Kesimpulannya adalah psikologi itu ilmu yang mempelajari jiwa manusia, tetapi karena jiwa manusia bersifat abstark alisa kurang jelas yang mana yang dimaksud sebagai jiwa, maka ada satu kalimat yang saya selalu jelaskan ketika ditanya pertanyaan ini, yaitu psikologi adalah science of behavior, science of mind and mental processes. Kalimat itu, banyak digunakan di buku-buku rujukan mahasiswa psikologi. Psikologi memang berfokus pada perilaku, pikiran, dan proses mental (perasaan) manusia, karena itu adalah representasi dari jiwa manusia, jika jiwa dalam keadaan stabil, maka ketiga aspek tersebut juga akan stabil begitu sebaliknya.


Q: Belajar tentang apa saja sih di jurusan Psikologi?
A: Kalau ditanya mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan psikologi, tentunya cakupannya akan mengenai 3 aspek psikologis yang sudah dijelaskan pada pertanyaan sebelumnya. Kalau menyinggung mata kuliahnya mungkin di setiap kampus punya penamaan mata kuliah yang beda-beda, tapi tetap saja intinya sama.

Di psikologi kalian di semester-semester awal akan mempelajari mengenai dasar-dasar psikologi yang materinya mengenai berpikir, memori, bahasa, mimpi, tidur, kecerdasan, kepribadian, dan sejarah awal serta penggagas teori-teori psikologi. Jadi hanya teori dasar, di semester selanjutnya akan ada materi aplikasi jadi bukan hanya teori tapi mahasiswa psikologi akan diajarkan untuk mengukur IQ, Kreativitas, Kepribadian, dan aspek psikologi lainnya, nah di semester-semester akhir (5-8), disinilah semester hidup dan mati dimulai, kalian akan dihadapkan pada mata kuliah kuliah khas psikologi, seperti misalnya di Psikologi UNM, akan ada mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi. Mata kuliah itu mengharuskan kita untuk mencari subjek minimal 200 orang dalam waktu dua minggu, terus bukan hanya itu kita akan diajar untuk membuat tes psikologi, seperti tes kepribadian maupun TPA.

Jadi, yang dipelajar tentunya tidak jauh-jauh dari ketiga aspek pikiran, perilaku, dan perasaan manusia.


Q: Mahasiswa psikologi memangnya bisa baca pikiran orang?
A: Hampir semua mahasiswa psikologi pasti pernah mendapatkan pertanyaan serupa dan bukan hanya sekali, tapi berkali-kali. Bahkan, beberapa mahasiswa psikologi tertarik masuk psikologi karena "mantra" tersebut, oh my goodness. Jadi, Mahasiswa psikologi itu tidak mempelajari ilmu paranormal dan cenayang, kita tidak bisa gitu kayak di film-film lihat orang trus ada hologram mengenai pikirannya di atas kepala. Jadi itu salah besar.


Q: Apa yang perlu diketahui oleh anak SMA yang mau ambil jurusan psikologi?
A: Semua jawaban yang di atas tentunya harus jadi pertimbangan bagi anak SMA yang mau masuk jurusan psikologi. Dan ada satu asumsi salah lainnya yang di kepala anak SMA ketika mau masuk psikologi, yaitu tidak ada hitungan lagi. Ouh, it's totally wrong. Statistik, Penelitian Kuantitatif, Psikometri, Eksperimen, Konstruksi Alat Ukur Psikologi, itu semua mata kuliah yang pasti ada ngitung-ngitungnya. Jadi yang anti sama matematika jangan masuk psikologi kalau gak mau pusing. Selain itu yang perlu diketahui anak SMA yang mau masuk psikologi adalah harus bisa jaga rahasia, gak nyinyir dan julid. Karena kita akan dihadapkan oleh persoalan manusia yang harus dijaga kerahasiaannya dan gak boleh dinyinyirin. Kita harus belajar menerima keadaan klien tanpa respon berlebihan.


Q: Memangnya lulusan psikologi bisa kerja dimana saja?
A: Kalau ditanya mengenai peluang kerja, saya selalu ingat kata dosen saya, yang bilang ketika masih ada manusia, psikologi akan selalu dibutuhkan, jadi psikologi akan bisa masuk ke berbagai lini pekerjaan, di kantoran, di sekolah, rumah sakit, lapas, organisasi masyarakat, LSM, dan banyak lagi. Yang penting, jangan khawatir mengenai pekerjaan selama kita belajar sungguh-sungguh, pasti ilmunya bakal kepake kok, entah dimana saja.


Nah, itu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang lain ke saya dan kebanyakan mahasiswa psikologi. Jadi, semoga bisa jadi pertimbangan bagi anak SMA yang mau masuk jurusan psikologi. Okay, salam.

5 komentar:

  1. mas, kalau misalnya kita lulusan s1 psikologi perkembangan, apa bisa melanjut s2 psikologi bagian yang lain seperti psikologi klinis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kok, karena di S1 sebenarnya tidak ada penjurusan khusus ke satu peminatan. Yang ada adalah pemetaan minat kita di Psikologi apa tapi semuanya sama saja Sarjana Psikologi. Kalau mau masuk ke Psikologi Klinis saat S2 gak masalah kok, asal punya basic Klinis juga di S1. Semoga membantu :)

      Hapus
  2. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2S9KJfH

    BalasHapus
  3. Kak kalau S1 psikologi apa sudah ada peminatan?

    BalasHapus
  4. Kak kebanyakan orang biasanya lanjutin S2 ataukah ada yang hanya S1?

    BalasHapus

Popular Posts

Goodreads

my read shelf:
Alif Syahrul Wahyudi's book recommendations, liked quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Alif has read 0 books toward his goal of 20 books.
hide

Total Tayangan Halaman

Copyright © Alif Syahrul Wahyudi | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates