Book Reviewer

Review Buku: The Hate U Give (Benci yang Kautanam)

Judul Buku : The Hate U Give (Benci yang Kautanam)

Penulis : Angie Thomas


Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Tahun : Cetakan pertama 2018


Tebal : 479 halaman


ISBN : 9786020381305



Blurb


Starr Carter, gadis kulit hitam berusia enam belas tahun, hidup di antara dua dunia berbeda. Lingkungan kumuh tempatnya lahir lalu tumbuh besar, dan SMA bergengsi di pinggiran kota tempatnya bersekolah. 


Keseimbangan dua dunia yang mati-matian ia jaga itu hancur berantakan ketika Starr menjadi satu-satunya saksi dari tragedi penembakan sahabatnya, Khalil, oleh seorang polisi. Padahal saat itu Khalil tidak bersenjata.



Satu-satunya yang bisa menjawab adalah Starr. Yang akan ia katakan, bukan hanya bisa menghancurkan lingkungannya. Kemungkinan besar, itu bisa membuatnya terbunuh.

Sinopsis 


Khalil Harris teman dari kecil Starr Carter tertembak oleh polisi yang merasa terancam akan Khalil saat berada di mobil bersama Starr sepulang dari sebuah pesta. Kematian Khalil disaksikan secara langsung oleh Starr tanpa dapat menolongnya dan akhirnya Khalil meninggal seketika dihadapan Starr.

Media banyak memberitakan mengenai kejadian tersebu, namun yang membuat Starr kurang senang adalah perlakuan pihak kepolisian yang menaggap bahwa kematian tersebut pantas didapatkannya karena Khalil adalah seorang pengedar narkoba dan anggota gengster yang berbahaya. Namun, Starr yakin bahwa dia tidaklah seperti itu. Pihak kepolisian lebih banyak mencaritahu mengenai Khalil dan informasi mengenai sang polisi penembnak tidak banyak diperbincangkan dan inilah yang dianggap sebagai diskriminasi oleh Starr.

Keluarga Starr sangat mendukung Starr dalam keadaan ini, ditambah lagi bahwa kejadian ini bukanlah hal pertama bagi Starr, saat ia berusia sepuluh tahun, ia juga mendapati temannya Natasha ditembak oleh orang tidak dikenal saat sedang bermain di jalanan. Warga kulit hitam banyak mendapatkan diskriminasi oleh pihak kulit putih di sekitar Garden Height, tempat tinggal Starr dan beberapa orang kulit hitam lainnya. Gangster yang saling memperebutkan wilayah kekuasaan serta narkoba menjadi keseharian di tempat itu.

Berbeda dengan warga Garden Heights, Starr bersekolah di sekolah yang mayoritas kulit putih, Williamson. Starr memiliki teman bernama, Maya seorang keturunan tiongkok dan Hailey seorang warga negara Amerika asli, serta Chris yang merupakan pacar kulit putihnya di sekolah. Kepribadian Starr di sekolah berbeda dengan Starr saat di Garden Height.

Starr memiliki keluarga kecil yaitu Maverick (Ayah Starr) yang merupakan mantan anggota gangster, Lisa (Momma), Seven (Kakak), dan Sekani (Adik). Karakter kuat mereka masing-masing membuat cerita ini lebih hidup dan nyata.

Penyelidikan atas kasus Khalil mulai dilakukan dengan pertama-tama Starr diminta untuk berbicara kepada detektif, tetapi dalam wawancara tersebut, Starr merasa detektif hanya mencari tahu mengenai kehidupan Khalil bukan mencoba membutktikan kesalahan yang dilakukan oleh Opsir Cruise.

Singkat, cerita Starr dihdapkan dalam persidangan dimana Starr harus berbicara di hadapan juri di persidangan. Starr berusaha untuk menceirtakan semuanya kepada juri secara jujur dan apa adanya demi memperjuangkan Khalil khususnya, dan kaum kulit hitam yang didiskriminasi secara umum.


"Kadang-kadang kita bisa melakukan semuanya dengan benar tetapi tetap saja ada masalah. Yang penting adalah jangan pernah berhenti berbuat benar - halaman 480"
Apa yang menjadi keputusan Juri? Apakah akan sesuai dengan harapan Starr dan kaum kulit hitam?

Review

Secara umum untuk novel kontemporer ini saya sangat penasaran dengan tema seperti ini, tema rasis dan diskriminasi yang diangkat oleh Angie Thomas dalam sebuah cerita yang menarik. Novel ini menceritakan mengenai Starr dalam mengahadapi kenyataan bahwa menjadi kulit hitam di antara kulit putih sangat rentan terhadap rasis secara halus.

Dari segi tokoh, seperti yang saya paparkan sebelumnya, bahwa tokoh-tokoh dalam novel ini ditulis secara hidup sehingga para pembaca akan merasa tokoh-tokoh dalam novelnya berada pada porsi yang pas. Terutama tokoh dalam keluarga Starr. Tokoh yang saya senangi adalah Momma yang sangat tegas dan family-oriented. Sepanjang novel kita akan mendapatkan sosok ibu yang baik saat menjadi ibu kandung maupun sebagai ibu tiri sekalipun. Tokoh Sekani yang lucu dan ayah dengan celetukannya.

Ada banyak hal menarik dari novel ini, salah satunya inti ceritanya bahwa kita selalu mengaharapkan sesuatu berjalan dalam kehendak kita namun selalu saja akan berbeda, tetapi yang penting adalah kita harus menjalani hidup dengan berbuat benar setiap saat.

Yang saya kurang senangi dari novel ini adalah tebal halamannya yang menurut saya cukup tebal untuk sebuah novel kontemporer, sehingga banyak cerita yang saya skimming karena merasa kurang pas ada di dalam novel ini. Tapi secara umum, saya sangat terkesan dengan cara penulisn Angie Thomas di novel debutnya ini hingga mendapatkan penghargaan di goodreads.



💙💙💙💙❤


Saran dan komentar kalian sangat saya harapkan untuk diskusi ðŸ˜Š

0 Comments:

Posting Komentar

Popular Posts

Goodreads

my read shelf:
Alif Syahrul Wahyudi's book recommendations, liked quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Alif has read 0 books toward his goal of 20 books.
hide

Total Tayangan Halaman

Copyright © Alif Syahrul Wahyudi | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates