Book Reviewer

Review Buku: Teka-teki Terakhir

Judul Buku : Teka-teki Terakhir

Penulis : Annisa Ihsani

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 252 halaman

Tahun : Cetakan kedua 2017

ISBN : 9786020302980


Blurb
Gosipnya, suami-istri Maxwell penyihir. Ada juga yang bilang pasangan itu ilmuwan gila. Tidak sedikit yang mengatakan mereka keluarga ningrat yang melarikan diri ke Littlewood. Hanya itu yang Laura tahu tentang tetangganya tersebut.


Dia tidak pernah menyangka kenyataan tentang mereka lebih misterius daripada yang digosipkan. Di balik pintu rumah putih di Jalan Eddington, ada sekumpulan teka-teki logika, paradoks membingungkan tentang tukang cukur, dan obsesi terhadap pernyataan matematika yang belum terpecahkan selama lebih dari tiga abad. Terlebih lagi, Laura tidak pernah menyangka akan menjadi bagian dari semua itu.

Tahun 1992, Laura berusia dua belas tahun, dan teka-teki terakhir mengubah hidupnya selamanya... 

Sinopsis 

Bercerita tentang Laura seorang anak 12 tahun yang tinggal di Littelwood penasaran dengan sebuah rumah di Jalan Eddington nomor 112, yang konon katanya adalah rumah dari sepasang kakek-nenek yang misterius karena jarang terlihat. Rasa penasaran itu juga ditambah dengan gosip-gosip dari warga Littlewood mengenai rumah tersebut. Namun, sebuah kejadian membuat Laura harus berurusan dengan rumah itu, ia bertemu dengan Tuan Maxwell yang membuat ia berubah pikiran tentang rumah dan sepasang orangtua itu.

Laura hampir setiap hari mendatangi rumah itu untuk berkunjung dan bercerita mengenai topik yang dulunya sangat dibenci oleh Laura, yaitu Matematika. Tak disangka bahwa pasangan Maxwell tersebut sangat suka Matematika dan perlahan-lahan Laura senang dengan cara Tuan Maxwell menjelaskan teori-teori matematika dibandingkan gurunya si SMP.

".... matematika juga menyenangkan begitu kau mengenalanya" - hal. 52
Usut punya usut Tuan Maxwell ternyata terobsesi dengan sebuah teorema yang belum terpecahkan selama 3 abad dan membuat Laura juga penasaran dengan itu. Nyonya Maxwell sangat ramah kepada Laura, sampai Laura makin sering berkunjung ke rumah itu sampai-sampai ia harus bermasalah dengan keluarga dan temannya karena hal itu.

Akhirnya, sebuah konferensi atau kuliah umum tentang teori itu dilaksanakan di Cambridge, keluarga Maxwell menghadirinya dengan rasa penasaran, namun Laura malah merasa kecewa karena kuliah umum itu. Apa yang terjadi sehingga Laura kecewa dengan kuliah itu, tetapi Tuan Maxwell mengatakan bahwa kuliah itu adalah salah satu yang paling penting untuk dihadiri?

Review

Novel ini sebenarnya berlabel teenlit, tetapi saya jamin tidak akan ada cerita cinta remaja di dalamnya, ada tetapi sangat jauh dari yang namanya romantis, sangat jauh, bahkan terbilang lucu. Namun, untuk novel teenlit dengan bahasan matematika di dalamnya saya acungi jempol untuk penulis yang juga merupakan sarjana Ilmu Komputer dan menyukai matematika serta logika.

Cerita novel ini sangat sederhana mengenai sebuah teka-teki terakhir dari seseorang yang belum terpecahkan, namun banyak pelajaran mengenai kehidupan di dalamnya dengan bumbu matematika. Pembaca dapat memilih cerita yang diikutinya, apakah akan mengikuti cerita intinya tanpa memedulikan bahasan matematikanya yang ruwet atau bisa mengikuti keduanya. Jadi jangan bayangkan novel ini hanya untuk pembaca tingkat tinggi yang mengerti teori matematika. Bahkan novel ini, sangat direkomendasikan kepada siswa yang suka matematika dan penasaran dengan matematika.

Alur cerita ini sangat cepat, sehingga dapat dibaca dalam sekali duduk, ditambah dengan ceritanya yang sederhana sehingga tidak perlu banyak mikir untuk setiap narasinya. Pokoknya keren deh untuk novel teenlit.

💙💙💙💙❤

0 Comments:

Posting Komentar

Popular Posts

Goodreads

my read shelf:
Alif Syahrul Wahyudi's book recommendations, liked quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Alif has read 0 books toward his goal of 20 books.
hide

Total Tayangan Halaman

Copyright © Alif Syahrul Wahyudi | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates